Saturday 16 March 2013

shine a light for every soul that ain't with us no more

Asaalamuallaikum wr wb. Selamat malam kepada hening yg menemani malam. h+6 dari hari dimana kabar itu sampek di telinga, 10 maret 2013. Minggu malam sekitar jam setengah 7 ba'da maghrib ane sama ali makan di depan anida sirojudin. Fiqi telpon ngasi kabar dan sontak ane njerit innalilahi dengan suara yg lumayan keras sehabis dikabarin kalo Hari sama Batum hanyut. orang2 pada ngeliatin ane. Ali bingung ada masalah apa ko ane teriak innalillahi. Sehabis putus telponya. Tangan gemetaran. Nasi telur tempe yg ane pesen jadi gada rasanya. Jatohnya malah pusing, sesak nafas sama mual. Kalimat Fiqi ''ting..!!, udh tau kabar belom kalo adekmu hanyut?'' msh jelas banget. Sehabis makan langsung balik kontrakan.gada pikir panjang langsung bongkar alat2 survival. Pisau,senter,tali,korek,peluit,cover bag, ransel, matras. Bingun antara alat nge sar atau naek gunung pokoknya bawa semua.Anak2 kontrakan yg bingung ngeliat ane kesetanan packing barang2 langsung kaget sehabis tau 2 junior ada yg hanyut. Skip unnecessary story. Ane sama ajib dari basecamp, anak2 mpts, dkk berangkat dari joglo mbo itu jam berapa. Di pisah jadi 2. Ada yg ke tkp kendal ada yg ke rumah batum. Ajib naek mobil mas ridho dan ane boncengan sama nurul.dengan plan awal ajib bisa turun ke sungai ntar kalo misal dibutuhin. What?! Sampe sana sudah rame warga sama ada mobil orange SAR. Bla bla bla bla bla. kita ketemu orang SAR dan mereka bilang malem ini gada pencarian dan kita mesti nunggu sampek besok pagi karena aer masih pasang dan deras ditambah kondisi habis hujan yg mengakibatkan medan licin sekaligus berbahaya. Omongan orang SAR emang bener kalo malem jarak pandang pendek terbatas dan medan habis hujan berbahaya. Tapi masih ada banyak jam sampek pagi apa kita diem aja ga ngapa2in? Shabis orang SAR ngomong dan pergi dari tkp. Mas ridho bentuk tim jadi 2. Tim 1, Nyusur jalan dari mulut keluar goa pek terjunan aer yg tingginya kurang lebih 8m. Tim 2 dari terjunan ngikutin arah aer. Ane di tim 2. Ternyata emang bener. Jalan menuju lokasi (sungai) ternyata turun jauh ke bawah dari jalan motor. medanya jg lumayan parah sehabis hujan. Butuh 15 menit jalan kaki dari jalan tempat parkir motor sampek sungai. Gelap. Malem dan pandangan cuma 1 arah senter. kita mulai susur sungai sambil teriak nama mereka 'Batum Hari Batum Hari''.Arus emang lagi deras kebukti dari tali webing buat nyebrang yg dilempar langsung ke bawa arus dalam kedipan mata, jauh, cepet, ga kliatan. Jadi ngerti bener2 arti dari kata tergulung ombak. Timbul, tenggelam, timbul, tenggelam. Sampai akhirnya kejadian senter kuning. jelas. Sangat jelas. Tapi kenapa dari 10 orang cuma kurang dari setengahnya aja yg ngeliat? kita lari ke t4 itu. (ga sanggup ngetik lagi). Malu rasane,nyesel,ga guna,ngerasa salah. kita balik karena jam dah nunjukin 03:35. Koordinasi awal di posko, jam 03:00 tim balik lagi ke posko. Kurang lebih 6 jam nyusur ga dapet apa2 sampe akhire jadi penyesalan yg ga tau minta maaf ke sapa.walaupun sar malem udah berhasil mutusin 3 sendal orang. Paginya sekitar jam 07:00 waktu mau berangkat ngesar ada kabar kalo Hari dah ditemuin. petani setempat yg nemuin. Uban sam Mas Ridho langsung ke tkp bareng sama tim sar.sisanya ngelanjutin koordinasi lagi. Selang 15 menit Eren dapet sms dari Mas Ridho kalo Hari udah gada. Aer mata keluar dari mata kami yg lagi posisi berdiri. Dan jadi pnyesalan + rasa salah ane setelah tau 'itu'. Ditambah anak PA yg ngomong ke ane sambil sedikit nyalahin tim sar malem. Skip unnecessary story. Sar msah terus dilakuin. Anak2 ganti2an pulang dan pergi ninggalin posko. Hari kamis 14 maret Batum ketemu. Lokasinya ga jauh dari Hari, kisaran 150 m. Ditemukan dalam kondisi yg ga baek dan susah untuk dievakuasi.

RIP Hari n Batum..

Batum, ane ngeliat kamu banyak ilmu dan bakat di mapateksi. Ane punya pandangan mungkin antara kamu ato yatna bakal kolaborasi jadi pimpinan mapateksi. Makasih dah ngurusin helm kkl angkatan 09. Maaf kalo selama kita kenal ane ada salah tum. Cepet banget ternyata ya tum. Padahal seminggu sehabis uas kiat ga sengaja ketemu di Mawar. kita sama2 mau naek ungaran. kita sama2 kena badai di pertigaan kebun teh. sekarang kamu udah gada. Mapateksi emg nyiptain keluarga. Junior udah ane anggeb adek sendiri. Senior udah ane anggeb kk sendiri. bakal kangen kumis lelemu tum.

Hari, jujur ane ga begitu kenal sama kamu Har. kita jarang ngomong entah tu karena kamu emang pendiem sok cool ato karena kamu ogah ngomong gara2 ane yg ngospek kamu. Yg ane inget dari kamu waktu diksar caang di camp II dalem hutan. Pas ane selese solat terus kamu baru dateng buat ambil wudhu. Kamu bilang kalo kiblat ane salah. Tapi tetep km adek ane juga Har. Kalian berdua ane diksar. Tangan ane yg didik kalian setahun di mpts.

Ngetik sambil mata kaca2 itu rasanya aneh tapi tetep pengen tangan jgn berhenti ngetik. mereka berdua. Masih muda. Banyak kelebihan, istimewa. Mungkin lebih baek dari ane. Kenapa diambil duluan. Kenapa mereka? Pertanyaan yg sama waktu wanita yg selalu ane rinduin nasehate meninggal. Kenapa beliau? Kenapa cepet banget? Sama waktu ane kehilangan temen smp-sma, Harmunis. Masih inget jelas dia duduk diblakang ane. Tiap pagi sebelum jam pelajaran kita ngomongin drama korea Jang Gem yg diputer di indosiar. Maen game billiard di hp kl yg ngajar pak winanto. Wah, tambah deres ni aer mata. Dulu jg ngeluarin pertanyaan yg sama. Kenapa Harmunis yg diambil? Dia salah apa? Kenapa dia yg kena leukimia? Kenapa masih muda banget?

'' Rasa kehilangan hanya akan ada bila kau pernah merasa memilikinya '', Letto.

Hidup itu seperti aliran air sungai yg muaranya kita tahu pasti itu ke laut. Tapi pasang surut aliran sungai itu yg kita ga tau.
Berbuat baek ato buruk sama2 kita tahu kita bakal mati. Tapi kapan waktu mati kita itu yg ga kita tau. dan apa ga sayang kalo umur pendek kita ini dipakai untuk hal yg ga baik?

Rasululloh shallallaahu 'alaihi wa sallam memaparkan tentang dunia dan diri beliau, "Apalah aku dan dunia ini !, Sesungguhnya permisalan aku dengan dunia adalah seperti seorang pengembara yang tidur di bawah naungan sebuah pohon. Kemudian pergi dan meninggalkan pohon tersebut." (HR: Ahmad, At-Tirmidzy dan Ibnu Majah).

Selamat jalan adek2 ane. Hari Miftahul Rohmad dan Nur Faizin alias Batum....

Wassalamuallaikum wr wb

No comments:

Post a Comment