Sunday 10 March 2013

TNI vs POLRI : teguran atau kenyataan?

Assalamuallaikum wr wb

Semoga ketenangan, kebahagiaan dan kebaikan selalu mendatangi kita. Aamiin... Belum bisa tidur sehabis balik dari Joglo. bilang selamat tidur juga udah telat secara ini udah lebih dari jam 21.00 . ini jam malam :) . sadar mam! Fight for the future first! semua akan indah pada waktunya jika merencanakan dan ngelakuin karenaNya. What i want to do right now? Ngidupin lepi, buka iTunes, pilih playlist lagu santai, playing Lost! (acoustic version). Nice music to hear and write by coldplay. Apa kabar Indonesia? Ada masalah apa lagi?  selalu berita buruk yg lebih cepat nyebar dari pada berita baik. Udah pada tahu kan soal TNI vs POLRI kemarin di Oku, Sumatra Selatan? Kalo belum tahu dan ternyata situ adalah pengguna smart phone. Silakan kembali berurusan dengan twitter, fb dan sosmed yg kalian punya. Apa yg ada di pikiran situ? Beberapa pasti ada yg bilang “gak punya otak” atau “ ckckckckck... gak mutu banget” atau “ gak dewasa banget dah penegak hukum” atau “semoga cepet selesai masalahnya” atau mungkin bakal bilang “walah, bosen denger soal gituan. Namanya pemerintahan gada yg bener” . Tentunya banyak sudut pandang dan tanggapan dari banyak orang. Lemme share my pov to u..

Pertama-tama...
Untuk para laki-laki/pria/cowok/jantan. I wanna ask you something. Pernah berkelahi/ribut/berantem/kontak fisik? Untuk yang sudah beradegan seperti itu. Apa motif /alasan situ melakukan kegiatan itu? pastinya banyak jawaban mulai dari marah, dendam, tertindas, didzalimi, karena pengen ,dll. Untuk motif yg terakhir ane gak bahas. Sakit tu org kalo ribut/berantem,dsb karena cuma pengen. Lha terus apa hubungannya sama TNI vs POLRI?
 

Back to TNI vs Polri...
Setiap orang atau kelompok pasti punya alasan untuk bergerak dengan tujuan yg sama. Di sini ane kerucutin ke arah kasus TNI vs POLRI. Ada 2 aspek yg ane ambil buat berbagi isi kepala. Pertama, gegara diresehin ( alasan bertindak ). Kedua, karena punya taring ( kekuatan / power to do something). Nah, soal TNI vs POLRI ini ane ceritain dikit ya. Salah satu anggota TNI, Pratu Heru (korban) ngelanggar lalin dan diberhentiin salah satu polisi, Wijaya (sekarang terdakwa). Tapo si TNI ini malah ngabur terus dikejar sama tu polisi pek berujung “Dor!” (entah sekali atau dua kali belum ada pemberitaan yg pasti) . habis di “Dor!” tu anggota TNI meninggal dunia. Ane gak bicarain sapa yg salah sapa yg bener. Ane masih megang yg salah itu ya kalo “gak salah paham” berarti ya “pahamnya yg salah” . pasca kematian anggota TNI itu. temen2 anggota TNI dateng melakukan “aksinya” di Polres Oku. Dari berita sih bilangnya karena jawaban dari polisi tentang kasus pembunuhannya gak memuaskan makanya temen2 anggota TNI ngelakuin “aksinya”. Ada juga alasanya karena kasus ini sengaja diendapkan atau ditutup2i pihak polres. Tapi menurut ane. Sekali lagi, menurut ane. Alasan terkuat mereka adalah karena teman mereka yg sesama anggota meninggal dunia akibat di “Dor!” oleh peluru polisi aka si terdakwa. Seberapa reseh atau memuakkan orang itu selagi dia punya memori bareng2 yg kuat sama kita apalagi jangka waktu yg lama pasti kita bakal ngeluapin perasaan ko (ntah apapun itu caranya) kalo kita kehilangan atau ngeliat dia didzalimi. coba bayangkan diri kalian masing2. Jika salah satu anggota keluarga kalian dimana kalian punya banyak kenangan bareng2 meninggal karena orang laen. Apa respon situ? Mungkin ada dua ya. Kalo gak bersabar hati, ya bertindak (ntah itu mo nimpuk orang yg buat meninggal ato yg lainya).

Tadi diatas ane cerita soal 2 aspek kan. Nah, di sini TNI punya dua aspek itu. Pertama, temen satu keanggotaan mereka meninggal dunia akibat peluru dari revolver milik anggota polisi polres oku (alasan) . kedua, mereka adalah TNI yang diajari bela diri, angkat senjata, perang, dsb ( kekuatan/power to do something ) . Dua aspek yg cukup untuk melakukan “aksinya”. Apapun solusinya semoga bisa diselesaikan dengan baik.Aamiin... Tapi kenapa ane masih ragu ya. tindakan bisa dilihat atau diredam. Tapi dendam di hati apa bisa dilihat? Pernah denger kalimat “ bener atau salah dia tetep keluarga” ? dan mgkn arti keluarga bagi TNI di Oku adalah “ u watch my back and i watch urs ”. gak perlu dipungkiri, waktu jurusan ane futsal sama jurusan laen hawanya juga mendidih ni darah kalo liat temen didzalimi ato semaceme. Satu kena semua ngrasa. Serbu....!! hahaahha... tapi pas ane udah tua, ane ngeliat adek2 junior pada emosi ato ndidih darahe waktu acara futsal antar jurusan ane malah jadi ketawa2 geli ngeliate. Iya soale cuma berantem2 mulut. Paling pol dorong2an sama jurusan laen. Cuma segitu dan ga perlulah ribut2 semaceme (sok dewasa dikit lah.hhe...) Tapi kalo misal pek ada yg meninggal. Pasti dah semua ngrasa dan 75% lebih kemungkinan bakal “bertindak”. Balik lg ke aspek kedua, karena sipil itu kuat, rame dan bla bla bla ( kekuatan / power to do something ) . jadi kita bisa ngelakuin sesuatu di medan keadilan yg subjektif. Nah, kalo cuma punya alesan aja tapi gada power kebanyakan susah dan ga bisa ngelakuin sesuatu di medan keadilan yang subjektif itu. misal saja, masih ane ngambil soal futsal ni ya. sebut saja jurusan kedokteran. Waktu futsal sama sipil jelas2 sipil yg ngelanggar pemain jurusan kedokteran. Iya mereka protes. Mereka punya alesan kuat aka aspek pertama. Tapi mereka gak punya aspek kedua aka kekuatan/power to do something.. jadilah ngelakuin sesuatu di medan keadilan yg subjektif mereka kebentur ma otot+ramenya sipil. Hhehehehe...
memang kita perlu “alasan” dan “kekuatan/power to do something..” untuk keadilan. Tapi kalo kita rakyat biasa yg temanya ketembak mati gara2 polisi. kita punya alasan tapi kita mungkin gak punya kekuatan kaya yg dimiliki TNI. Malah kemungkinan teman kita yang meninggal itu cuma tinggal tunggu bulan aja dan akhirnya semua lupa.. ya karena mungkin kita gak punya “kekuatan/ power to do something...” aka pengacara, beckingan pejabat, bukti nyata mutlak, uang, entah apapun itu kekuatan untuk ngelakuin sesuatu di medan keadilan yg subjektif. silakan cari dan simak. Banyak sekali memang ketidak adilan yg kita lihat di Indonesia. Kebanyakan karena uang, keadilan jadi aneh dan bisa direkayasa. Berarti semua salah siapa? Iyak benar. Semuanya salah uang. Berarti apa yang kita mesti lakukan? Bakar produsen uang rupiah atau prorio atau apa itu namanya. Hhhe... masalah selesai. Keadilan ga bisa direkayasa lagi karena orang2 udah ga pny uang. Salah! Keadilan tetep bisa direkayasa, disengaja, dimainin, dsb walaupun gada uang. Jangan lupa sama KKN dan kekuasaan bro. Hhe.. semuanya yg soal keadilan dan salah benar itu subjektif cuma hukum Allah ntar yg bisa ngehakimin dan vonis. Cukup lakuin hal yg baik menurut hati nurani aja insyaAllah cukup. Tapi ya jangan cuma akhirnya pake hati nurani aja tanpa ilmu2 juga. Hhe..


nah, jangan munafik juga kalo kita sebenere juga ga adil. Misal situ punya anak dan anak situ lagi ngendarain mobil dan gak sengaja nabrak mobil di depane pek meninggal 3 manusia. Situ ngelindungin anak situ atau ikhlas njeblosin anak sendiri ke penjara? Loh, ko malah ke Rasyid sih? Nah bingung kan? Lagi nih, saat tim sepak bola yg kita dukung di langgar oleh musuh. kita teriak-teriak marah tapi waktu tim yg kita dukung jelas-jelas ngelakuin pelanggaran mungkin kita bakal teriak-teriak kalo musuhnya lebay dan manja. Hayo... seperti itukah analogi pandangan ketidakadilan kita? Banyak dari kita kurang menginstropeksi diri. kita larut dalam harta, tahta, ilmu dan cinta yg makin lama makin membuat sombong hati. Jangan lupa untuk obati hati kita nggih dan selalu ingat tujuan hidup nggih..!
Balik lagi soal TNI vs POLRI...
kita hidup emg perlu lawan. Ntah apa itu lawan yg kita pilih. Manusia, hawa nafsu, tetangga,koruptor, hewan, petinju,rasa males,TNI, rasa capek, POLRI, orang reseh, atau apapun itu lawanmu buat njalanin hidup. Satu pesen ane. Pinter2 milih lawan buat jalanin ni hidup. Jangan salah pilih lawan yg kalo situ menang tapi situ jg kalah. Nah loh, mudeng gak situ. Hhe...

Mungkin buat POLRI, itu teguran buat track record penanganan kasus yg masih ngambang gak jelas agar di tuntaskan dan jangan maen2 lagi. Mungkin juga itu kenyataan kalau TNI atau POLRI punya kekuatan untuk ngelakuin “aksi” yg tanpa “alasan yg baik” di lain waktu di kasus yg berbeda.

Satu lagi buat TNI vs POLRI dan semuanya termasuk ane.
“Orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang pada hari kiamat datang membawa amalan sholatnya, puasanya dan zakatnya. Pada saat yang sama, ia juga membawa dosa mencaci si fulan, membunuh si fulan, memakan harta si fulan. Pahala kebaikan – kebaikannya lalu diambil untuk diberikan pada si fulan, si fulan dan si fulan. Apabila kebaikanya habis sebelum dosanya tertebus, akan diambil kesalahan – kesalahan orang yang terdzalimi dan di timpakan kepadanya lalu ia dimasukkan ke dalam neraka.” (HR Muslim)

Okai, sudah 00:24 . sekarang lagu “Dongeng Sebelum Tidur” dari Iwan Fals. Hahahaha.... selalu seneng sama lirik2nya. Orang yg ngispirasi belajar harmonica. Iwan Fals, Bruce Springteen, Brendan Power. Dan selalu masih kepaku di kepala. “ kalo pek Iwan Fals masuk politik. Ane delete semua lagunya di lepi” hahahaha....
Have a nice sleep... rencana gowes NR gagal gara2 hujan. Kapan kemana pengen gowes jauh lagi. Next time.. next good weather..

Wassalamuallaikum wr wb...

No comments:

Post a Comment