Friday 1 February 2013

'Terima Kasih' hanya untuk yang membayar

''Terima kasih..''
''Matur nuwun..''
Kapan kata2 tadi kita denger? Yak! Saat seseorang yg membutuhkan dicukupkan oleh orang laen atau saat orang yg tidak sedang membutuhkan diberi oleh orang laen. Maybe..
So what's the point? Ok, saat ni. Ucapan "Terima Kasih" mulai sedikit geser sedikit. Maksudnya? Gini deh, ane ambil kasus yg ane sering lihat kali ini. Ada orang yg makan di sebuah tempat makan dan dia udah pesen makan. Tapi lama jadinya. Pek akhirnya dia marah2 sama yg jual dan cabut pergi. Lah? Masalahnya apa? Bukanya wajar kalo kita marah ato komplain kalo makanan yg kita pesen ga dateng2? Yak bener, wajar. Tapi seberapa sering kita denger ucapan terim kasih saat pelayan menghidangkan makanan ato es teh ke meja kita? Maksudnya? Ok gini.banyak sekarang ni ane liat, yg punya uang yg layak dapet terima kasih. Ane bilang banyak ya. Bukan semua. Masih di kasus soal makan tadi y. Kalo dipikir2 pake logika ni ya. Yg laper siapa? Yg butuh makan siapa? Terus kenapa yg cuma jual makanan yg harus bilang makasih ke yg laper dan yg butuh makan? Pernah ga kebayang, saat kita laper dan keluar cari makan. Tiba2 gada yg jual makanan.indomaret tutup, burjo libur, warteg mudik, semua tempat makan tutup lah. Terus kita makan pake apa? Ato lebih di dramatisir lagi ni y. Saat kita laper ternyata gada satu pun penjual makanan mulai dari tukang nasi goreng pek burjo,dll yg mau jual makananya ke kita. Nah, siapa yg bakal kelaperan mungkin pek mati? Coba liat sekeliling kita. Saat minuman disajikan di meja. Berapa banyak kita denger kata terima kasih dari yg pesen minuman? Terus, saat bayar makanan. Siapa yg paling banyak bilang makasih? Penjual kan? Nah, my pov berkesimpulan. Kenapa yg punya uang dan yg ngasi uang yg sepertinya layak diberikan ucapan makasih skrg2 ini? kita beli bensin. Yg bilang makasih sapa? Oi, kita jg butuh bensin buat motor kita biar bisa jalan. Kenapa kita ga bilang makasih jg ke orang yg megangin nozzle karena dia udah mo jual bensin k kita? Marilah berpikir. Kita ni sama2 saling membutuhkan. Karena saling membutuhkan itulah sepatutnya kita saling mengucapkan kata terima kasih itu.buang jauh2 karena kita pny uang kita jd klien yg didewakan. Nah, kalo gada penyedia jasa yg mo ngelayanin kita? kita bisa apa hayo? Yok mulai dari hal yg kecil. Dari tempat kita makan misalnya. Kalo minuman dan makanan dateng jgn lupa bilang makasih. Jangan malah asik megangin gadget sambil online.okai? Naek levelnya, ngucapin makasih ke tukang parkir yg udh jaga kendaraan kita. Karena dia, motor kita insyaAllah aman. Tapi ko kl parkiran sipil agak berat ya bilang makasihnya? Hahahha... Naek level lagi. Ucapin makasih ke orang yg ngasi informasi ke kita apapun itu. Naek level lagi. Pikir ndiri ajalah ya. Inget lagi ya brai. Bukan karena kita punya uang dan kita mampu bayar kita patut dapet kata terima kasih. Penyedia pastinya butuh uang dan pastinya kita/klien jg butuh apa yg penyedia tawarkan. Uang cuma alat tukar ( Kemajuan terbaru setelah barter menurut ane). Jadi intinya kita ni sama2 butuhin dan pemikiran sapa yg layak dapet kata terima kasih itu gada. Akhir kata.yok budayakan kata 'terima kasih' secara dua arah. Bukan hanya satu arah.

No comments:

Post a Comment